Kamis, 12 Februari 2015

Pengertian CMOS

Pengertian CMOSMungkin bagi anda para pemula tidak tahu apa gunanya dan Pengertian dari CMOS ini sendiri .. berikut adalah pengertian dan fungsi singkat mengenai Bateray CMOS..

CMOS atau dalam artian cmplementary metal oxide semiconductor ini adalah sebuah teknologi sirkuit terpadu. ini sering digunakan untuk merujuk sebuah chip beryenaga baterai yang berada pada komputer pribadi yang menyimpan beberapa informasi dasar, seperti tanggal, waktu dan juga pengaturan sistem konfigurasi yang dibutuhkan oleh sistem input/output dasar untuk mengawali sebuah aktifitas pada komputer.

CMOS ini berfungsi untuk mengatur waktu dan juga tanggal pada sebuah PC baterau yang bertegangan 4,5 sampai 6 volt memberikan tegangan untuk CMOS dan chip real timeclock computer non aktif. komputer 286/486 mempunyai baterai semacam ini yang terpasang ke mainboard. komputer yang berumur lebih tua tidak memiliki fungsi clock pada motherboardnya. diagnosa awal bila CMOS Error :

Muncul pesan di monitor bahwa ada permasalahan pada CMOS ketika menghidupkan komputer , lalu kita diperingatkan agar menekan tombol f2 yang menunjukan bahwa baterai CMOS lemah dan perlu diganti. jika terdapat masalah seperti diatas maka kita dapat melakukan perbaikan awal dengan mengganti CMOS dengan yang baru, bila masih muncul pesan tadi kemungkinan masalah ada pada pemasangan chip CMOS yang tidak benar. periksalah kembali.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar