Selasa, 20 Januari 2015

Cara Memasang Kabel Front Panel

Memasang Kabel Front Panel



Cara Memasang Kabel Front PanelCara untuk pemasangan Kabel-Kabel yang sangat kecil ini Mungkin sedikit membingungkan untuk pemula, Nah Dikarenakan itu , saya akan memberikan tips dan cara untuk memasang kabel kabel kecil ini.

Kabel front panel ini terdiri atas 4 pasang kabel kabel kecil yang diantaranya ialah kabel Lampu LED Harddisk atau HDD LED, Kabel Lampu LED Power atau POWER LED, Kabel tombol reset atau RESET SW, dan kabel Tombol Power atau POWER SW.

Untuk petunjuk pemasangannya sendiri, rata rata sudah ada pada buku Manual Motherboard, dikarenakan setiap motherboard peletakan pin pinnya berbeda beda, namun ahir ahir ini hampir setiap mainboard sama dalam meletakan pin-pin.

kabel kabel front panel ini terdiri dari 10 pin , 5 diantaranya berada dibawah dan berangka ganjil semua, dari kiri ke kanan bernomor 1,3,5,7,9. Nah Sedangkan pin yang berada pada barisan atas bernomor genap, 2,4,6,8,10. namun pin yang kosong ialah pin nomor 10.
Nah Berikut ialah sebuah susunan pemasangan kabel kabel front panel.

Cara Memasang Kabel Front Panel


pin 1 dan 3 di isi oleh kabel HDD LED
pin 2 dan 3 di isi oleh kabel POWER LED
pin 5 dan 7 di isi oleh kabel RESET SW
pin 6 dan 8 di isi oleh kabel POWER SW
dan pin 9 dibiarkan KOSONG!

Pin Nomor 1,2 dan 6 dipasang kabel positif dan pin nomor 5 dipasang kabel yang negatif. dan begitupun sebaliknya, pada kolom yang kanan hanya pin bernomor 7 yang terhubung dengan kabel positif dan yang lainnya negatif. dan cara yang mudah untuk menghafal kabel kecil ini ialah dengan cara menghafal pin 1,3,_2,4,_5,7_ dan 6,8 dengan kabel positif dan juga negatif semuanya, dan hanya pin nomor 5dan7 yang kabelnya negatif positif.
Nah cara membedakan positif dengan negatif ialah dengan cara mencari kabel negatif yang rata rata berwarna hitam ataupun putih, dan yang positif berwarna selain hitam atau putih.

1 komentar :