Minggu, 18 Januari 2015

Pengenalan Konektor

Pengenalan Konektor

Konektor komputer ada beberapa macam, yang pertama ialah Front Panel.
Front panel ini ialah, pin-pin yang digunakan untuk menghubungkan bagian bagian dari front panel seperti tombol power dan reset, power dan HDD LED , dan juga speaker chassis 
Pengenalan Konektor



Pengenalan Konektor



Yang kedua adalah IDE atau Paralel ATA
IDE (Paralel ATA) ini ialah Konektor pilihan untuk menghubungkan hard drive dan drive optik sampai ke diperkenalkannya konektor SATA.
Pada setiap Konektor IDE ini mampu mendukung "daisi-chaining", atau yang pada dasarnya adalah Jargon , dikarenakan mampu menghubungkan beberapa perangkat menggunakan kabel IDE tunggal dan sebuah Konektor. Untuk mempekerjakan, satu perangkat perlu ditugaskan sebagai master, dan perangkat perangkat lain sebagai budak, yang pada dasarnya memutuskan mana perangkat yang pertama muncul ke komputer.

Yang Ketiga SATA(Serial ATA)
Konektor SATA ini pertama kali di perkenalkan pada tahun 2003 yang ahirnya digantikan oleh Port IDE sebagai konektor standar untuk Hard Drive yang pertama dan kemudian drive optik. tidak seperti hal nya IDE konektor, masing-masing port SATA hanya bisa menampung satu perangkat, tetapi memiliki keuntungan yang lain yaitu jauh lebih cepat untuk satu, dan dikarenakan kabel yang tipis ini mudah di kelola
Konektor SATA ini pun memiliki manfaat yang hot-swappable, yang berguna untuk melepas perangkat SATA dan menghubungkan perangkat SATA yang berbeda menggunakan kabel yang sama pada saat komputer masih sedang di aktifkan.

Yang keempat ialah Konektor USB
konektor USB ini ialah, konektor yang digunakan untuk menambah ekstra pada port USB external, atau juga untuk menghubungkan perangkat-perangkat USB internal.
Masing masing konektor USB ini dapat mendukung dua port USB baik atau satu perangkat. kebanyakan rata-rata motherboard baru memiliki dua header internal USB atau lebih, dengan beberapa memiliki sebanyak empat buah konektor.

Yang kelima FireWire atau IEEE 1394 atau juga FW .
Meskipun rata-rata motherboard tidak memiliki port FW(FireWire)ini pada I/O port panel, itu tidak berarti bahwa ia tidak memiliki FireWire. motherboard terbaru banyak memiliki minimal satu FireWire 400 header. Sangat berbeda dengan Port USB yang mendukung beberapa Port, Port FireWire ini hanya mendukung satu port FireWire(FW).
Dan Yang Terahir Ialah Floppy

Konektor ini berguna untuk menghubungkan floppy disk drive. Sedangkan konektor daya floppy telah repurposed untuk pembaca kartu, konektor motherboard sepertinya belum beruntung, itu tidak menyediakan bandwidth yang cukup untuk penggunakan yang modern.
Sebagian orang sudah tidak menggunakan floppy disk motherboard, dikarenakan motherboard paling modern sudah tidak lagi memiliki konektor floppy.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar