Kamis, 22 Januari 2015

Pengertian Fungsi dan Jenis VGA Card

Pengertian VGA card



Pengertian Fungsi dan Jenis VGA CardVGA card atau juga bisa disebut Graphics Accelerator yang berguna untuk mengolah data grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor, VGA inipun mempunyai prossesor yang disebut dengan GPU atau Graphics Processing Unit, dan juga membutuhkan sebuah memory.

VGA adalah standar tampilan komputer yang dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA rata ratanya sudah tidak lagi digunakan, dikarenakan kebanyakan digantikan oleh standar yang baru, VGA ini masih di implementassikan pada sebuah Pocket PC. Tampilan windows pun sampai saat ini masih saja menggunakan VGA yang dikarenakan didukung oleh banyaknya produsen monitor dan VGA card. VGA ialah merupakan standar grafis yang terahir yang di ikuti oleh mayoritas para pembuat kartu grafis computer.

VGA Card inipun juga dapat mengacu kepada sebuah konektor yang mempunyai 15 pin yang sampai saat ini masih dipakai oleh XGA dari IBM, tetapi VGA ini justru digantikan oleh Super VGA.

Pengertian Fungsi dan Jenis VGA Card

Fungsi VGA Card.
VGA Card atau Graphic Card dan atau juga Kartu Grafis ini berfungsi untuk menerjemahkan atau juga mengubah sinyal digital menjadi suatu tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA atau Video Graphic Adapter berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. dan untuk membuat design graphic , menggambar ataupun bermain game.

Pengertian Fungsi dan Jenis VGA Card

Jenis Jenis VGA Card.

VGA Card ISA ialah salah satu jenis dari kartu VGA yang di pasang pada slot ekspansi ISA atau INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE, bus yang masih bersistemkan Input Output 8 bit atau 16 bit.

VGA Card EISA ialah salah satu jenis dari kartu VGA yang di masukan atau dipasang pada ekspansi EISA atau juga dalam artian EXTENDED INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE, bus 32bit sistem I/O.

VGA Card PCI ialah salah satu jenis dari kartu VGA yang di masukan atau dipasang pada slot ekspansi PCI atau juga dalam artian PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT, bus yang adalah 32 bit atau 64 bit sistem I/O.

VGA Card AGP ialah salah satu jenis dari kartu VGA yang dimasukan atau dipasang pada slot ekspansi AGP atau juga dalam artian ACCELERATED GRAPHICS PORT, bus yang adalah 128 bit atau 256 bit sistem I/O.

VGA Card PCI express atau PCIe ialah salah satu jenis kartu VGA yang ditancapkan pada salahsatu slot ekspansi PCIe atau juga dalam artian PERIPHERAL COMPONEN INTERCONNECT EXPRESS, bus yang adalah serangkaian seri sistem input output dengan kecepatan 32FByte dalam mentransfer data.

VGA card ini sekarang sudah banyak yang menggunakan chipset Graphic Accelerator yang merupakan sebuah chipset yang terbaru yang dimana sudah mempunyai kemampuan akselerasi 3D pada chipset yang dimilikinya. Selain VGA card sekarang juga ada peripheral computer yang mendukun dan dinamakan 3D Accelerator yang berfungsi untuk menerjemahkan atau mengolah data gambar 3D dengan sempurna dan optimal!.

Yah demikian artikel singkat mengenai VGA Card . Semoga Bermanfaat....

1 komentar :

  1. Punca Kerosakan Hard Disk
    http://lemangpanas90.blogspot.com/2015/07/punca-kerosakan-hard-disk.html

    BalasHapus