Rabu, 14 Januari 2015

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer ialah suatu sistem operasi yang terdiri dari sejumlah PC atau perangkat lainnya yang bersama-sama bekerja untuk mencapai tujuan yang sama atau suatu jaringan yang terdiri atas titik-titik yang terhubung satu sama lain, nirkabel atau berkabel.Masing-masing titik bekerja sebagai workstations. Salah satu titik bekerja sebagai server, ialah yang mengatur suatu fungsi tertentu dari titik(nodes) lainnya . Dan pada dasarnya Jaringan Komputer ini merupakan perpaduan antara Teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.

Jaringan komputer bertujuan untuk memanajemen sumber daya lebih efisien . Misal, Pengguna dapat sharing printer berkualitas tinggi dibanding memakai printer yang berkualitas sangat rendah di dalam masing-masing meja kerja mereka.

Selain itu Jaringan komputer juga membantu mempertahankan informasi agar tetap up-to-date . Sistem penyimpanan data pusat yang dikelola dengan sangat baik membuat banyak user yang mengakses data dari berbagai macam lokasi atau daerah yang berbeda , dan membatasi suatu akses data saat data sedang diproses.

Jaringan komputer juga membantu mempercepat suatu proses Sharing Data atau Berbagi Data. Mentransfer data pada jaringan komputer akan selalu lebih cepat dibandingkan dengan sarana berbagai data yang lainya.

Keuntungan Utama Jaringan Komputer Yang langsung terasa dari Network Sharing itu sediri ialah , Internet Yang Mendunia, Karena unternet itu sendiri ialah ribuan bahkan mencapai jutaan komputer yang saling terhubung . Berevolusi dari waktu ke waktu sehingga sekarang membentuk sebuah jaringan kompleks seperti yang dirasakan oleh kita saat ini..

Keuntungan jaringan komputer telah dijelaskan diatas , tetapi kerugian jaringan komputer belum dijelaskan sama sekali . Jaringan komputer dengan banyak keunggulannya memang membantu sekali bentuk kerja dalam suatu perusahaan .tetapi kerugianya pun banyak bila tidak disadari dari awal . Biaya yang tinggi, Manajemen perangkat keras dan administrasu sistem , sharing file yang tidak diinginkan dan juga aplikasi virus dan metode hacking yang slalu meresahkan adalah kekurangan dari sebuah jaringan komputer .

Seperti yang saya katakan , Jaringan komputer memakan biaya yang sangat tinggi , dikarenakan dalam membangun/membuat sebuah jaringan komputer membutuhkan banyak pengeluaran terhadap pembelian hardware, software,biaya konsultasi perencanaan jaringan, dan biaya untuk buruh jaasa pembangunan.

Dan juga Aplikasi Virus dan Metode Hacking inilah yang selalu menjadi hal yang sangat ditakuti oleh semua orang , yang mengakibatkan network down ,dan berhentinya pekerjaan . Masalah ini bisa dibilang bersifat klasik karena system yang di rencanakan secara tidak baik ..

Macam -macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer ada 5 macam , yaitu

Pertama Topologi Bus . Topologi jaringan komputer bus ini tersusun secara rapi dan hanya menggunakan satu kabel coaxial dan masing - masing komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor yang bernama BNC, Dan ujung ujung dari kabel coaxial diahiri oleh terminator.
Topologi jaringan Bus ini mempunyai kelebihan tidak bayak menggunakan sehingga menghemat biaya pemasangan .

Dan Kekurangannya ialah jika terjadi suatu gangguan atau kerusakan pada suatu kompouter , maka akan mengganggu jaringan komputer yang lainnya, dan juga topologi bus ini sangat sulit mendeteksi adanya gangguan , dan juga bila jarak pengiriman data terlalu jaug harus mengggunakan Repeater.

Kedua Topologi Ring . Pada Topologi jaringan komputer Ring ini disetiap PC itu dihubungkan dengan PC lain, dan juga seterusnya sampai kembali lagi ke PC pertama, dan membentuk sebuah lingkaran sehingga disebut dengan topoogi ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses suatu komputer untuk menerima data.

Ketiga Topologi Star . Pada Topologi Star ini membentuk sebuah jaringan seperti bintang dikarenakan semua PC/Komputer Dihubungkan ke sebuah Hub atau Switch,  Sehingga Hub/Switch lah yang menjadi pusat dari jaringan yang bertugas untuk Mengontrol lalu lintas data, jadi apabila PC/komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, maka data akan dikirim ke switch dan akan langsung di kirim ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain.

Keempat Ialah Topologi Mesh . Pada Topologi jaringan komputer mesh ini , masing masing PC/komputer akan connect dengan PC lain dalam jaringan menggunakan kabel tunggal, Jadi suatu proses pengiriman data akan langsung mencapai tujuan tanpa melalui PC lain ataupun switch dan hub.


Dan Yang Terahir adalah Topologi Tree . Topologi jaringan komputer tree ini merupakan pergabungan dari beberapa topologi star yang terhubung menggunakan topologi Bus, jadi disetiap topologi star , akan terhubung dengan topologi star yang lain menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi jaringan tree ini terdapat beberapa tingkatan jaringan , dan tingkatan jaringan yang berada pada tingkat yang paling tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat lebih rendah.

1 komentar :

  1. Punca Kerosakan Hard Disk
    http://lemangpanas90.blogspot.com/2015/07/punca-kerosakan-hard-disk.html

    BalasHapus