Selasa, 13 Januari 2015

Pengertian Jenis dan Fungsi Router

Pengertian Jenis dan Fungsi Router




Router ialah sebuah alat yang berfungsi untuk mengirimkan paketan data melalui sebuah jaringan yang melalui proses yang disebut routing.

Router mempunyai fasilitas yang disebut DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol, dan fasilitas lain yang dipunyai oleh router ialah adanya NAT, atau juga disebut Networki Address Translator yang dapat memungkinkan IP adress DiShare Ke IP Lain. Router juga dapat Digunakan untuk menghubungkan jaringan jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar (internetwork).

Terkadang Router digunakan untuk Mengkoneksikan dua buah jaringan atau lebih menggunakan sebuah media yang berbeda.

Jenis - jenis Router

Router Terbagi menjadi tiga jenis , yaitu Router Aplikasi, Router Hardware, dan Router PC.

-Router Aplikasi




Router Aplikasi ialah sebuah aplikasi yang bisa di install pada OS komputer anda , Sehingga OS komputer tersebut bekerja layaknya router, misalkan aplikasi WinGate, Spygate,WinProxy,WinRoute dll.


- Router Hardware




yang kedua ialah router hardware , Router hardware ini ialah hardware yang mempunyai kemampuan seperti sebuah router, dikarenakan dengan hardware tersebut anda dapat memanggil IP Address . Hardware ini dapat juga dipergunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu kawasan/wilayah.

- Router PC



lalu Router PC , Router PC ialah komputer yang di ubah sehingga dapat dipergunakan sebagai router. Komputer dengan Prossesor Pentium dua,Ram 64 dan Hard Drive sekitar 10 GB serta tersedia sebuah LAN Card sudah bisa untuk digunakan sebagai Router PC. Komputer yang dijadikan router inipun harus menginstal OS husus untuk Router . OS yang paling populer ialah Mikrotik.


Fungsi Router

Fungsi paling utama pada router ialah merutekan paket atau informasi . Setiap Router selalu memiliki kemampuan Routing , artinya Router selalu mengetahui kemana rute perjalanan informasi atau paket akan di lewati, apakah itu ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah berbeda network

jika paket atau informasi ditujukan kepada host dalam network lain , maka router akan segera meneruskan ke netrwork tersebut . dan juga segaliknya .

1 komentar :

  1. Punca Kerosakan Hard Disk
    http://lemangpanas90.blogspot.com/2015/07/punca-kerosakan-hard-disk.html

    BalasHapus