Senin, 19 Januari 2015

Pengertian Jaringan LAN,MAN,WAN

Pengertian Jaringan LAN,MAN,WAN




Pengertian Jaringan LAN,MAN,WANLAN atau singkatan dari Local Area Network merumapan satu jenis jaringan komputer yang hanya bisa mencakup wilayah local. Jaringan LAN ini hanya menggunakan prangkat jaringan yang sederhana, contohnya seperti kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair,Router,hub dan switch . Jaringan LAN ini biasanya mencakup komputer komputer di wilayah sekolah, perusahaan, warnet, ataupun rumah tetangga yang masih bisa mencakup wilayah LAN.

keuntungan dari menggunakan Jaringan komputer LAN ini lebih irit dalam pengeluaran uang, seperti dalam pembelian kabel, dan juga transfer data lebih cepat dikarenakan mencakup wilayah yang kecil, dan juga tidak memerlukan operator yang bekerja untuk membuat sebuah jaringan LAN.
kerugianya ialah jaringan LAN ini tidak dapat mencakup wilayah yang luas dan juga cakupan untuk mentransfer data tidak begitu luas.


Pengertian Jaringan LAN,MAN,WAN


MAN atau juga disebut Metropolitan Area Network, Merupakan Sebuah Jenis Jaringan Komputer yang lumayan lebih luas dan lebih canggih dibandingkan dengan jaringan komputer LAN. jaringan ini disebut Metropolitan Area Network dikarenakan digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari kota ke kota. Untuk membuat sebuah jaringan MAN ini, biasanya diperlukan adanya suatu operator yang berguna untuk menghubungkan antar jaringan komputer.
Keuntungan dari jaringan MAN ini berupa cakupan wilayah jaringan yang lebih luas dibanding jaringan LAN sehingga dapat berkomunikasi lebih efisien, mempermudah orang-orang untuk berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan MAN ini lebih ketat.
kerugian dari jaringan MAN yaitu pasti membutuhkan biaya oprasional yang mahal, dan menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan juga apabila ada kerusakan, memperbaiki jaringan MAN ini diperlukan waktu yang lama.
Pengertian Jaringan LAN,MAN,WAN


WAN atau juga Wide Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang paling luas dan paling canggih diantara jaringan, LAN dan MAN. Dan juga tehnologi jaringan WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan negara satu dengan yang lainya, atau pun dari benua satu ke benua lainnya. Jaringan WAN ini bisa yerdiri dari berbagai Jaringan LAN dan WAN dikarenakan luasnya wilayah cakupan dari jenis jaringan WAN. Jaringan komputer WAN ini biasanya selalu memakai kabel fiber optic yang ditanamkan didalam tanah ataupun menggunakan jalur bawah laut.
keuntungan jaringan WAN ini pastinya adalah cakupan wilayang yang sangat luas dan paling luas diantara jaringan LAN dan WAN, tukar menukar informasi pun menjadi lebih rahasia dikarenakan untuk berkomunikasi dari satu negara dengan negara lain memerlukan keamanan yang ketat.
kerugian dari jaringan WAN ini ialah biaya operasional yang sangat mahal, dan juga sangat rentan terhadap bahaya pencurian data data yang penting, perawatan untuk jaringan WAN inipun menjadi lebih sangat berat

1 komentar :

  1. Punca Kerosakan Hard Disk
    http://lemangpanas90.blogspot.com/2015/07/punca-kerosakan-hard-disk.html

    BalasHapus