Minggu, 18 Januari 2015

Pengertian dan Fungsi Dari CD-ROM

Pengertian dan Fungsi Dari CD-ROM



Pengertian dan Fungsi Dari CD-ROMCD-Rom, CD-Rom merupakan singkatan dari Compact Disk Read-only memory, ialah sebuah DISK atau piringan kompak dari jenis disk optik, yang dapat digunakan juga untuk menyimpan data. Dan Ukuran data-data yang dapat di simpan, saat ini bisa mencapai 700MB . Dan CD-ROM juga bersifat Read Only atau yang berarti hanya dapat dibaca dan tidak dapat ditulis . Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang di perlukan untuk CD-Rom ini yaitu CD Driver. Perkembangan Terkini CD-Rom ini, memungkinkan CD dapat dituli berulang kali atau Re Write, yang dikenal dengan nama CD-RW(rewrite)


Pengertian CD-ROM
Compact disk read only atau yang umum disebut CD-Rom ini hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-Rom dibagi menjadi 2 type, yaitu tipe ATA/IDE dan tipe SCSI. Yang mendasari dari perbedaan 2 tipe tersebut adalah kecepatan membacanya. ATA memiliki kecepatan 100Mbps sampai 133Mbps Sedangkan SCSI memiliki kecepana kurang lebih 150Mbps. Untuk SCSI Type, biasanya ditemukan pada CR RW Drive. Pada CD Rom terdapat juga tulisan 56X yang artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56x150 kbps.
Pengertian dan Fungsi Dari CD-ROM



Fungsi CD-Rom
Seperti yang saya jelaskan diatas, CD-Rom yang atau juga berarti bahwa sebuah Hardware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain untuk membaca atau Reading, CD Rom juga bisa digunakan untuk melakukan sebuah Penginstalan OS, Game dan lainnya. Atau juga melakukan booting pada saat mau masuk ke OS atau Operating System pada saat bila System tidak mau berjalan.

Pengertian dan Fungsi Dari CD-ROM

1 komentar :

  1. Punca Kerosakan Hard Disk
    http://lemangpanas90.blogspot.com/2015/07/punca-kerosakan-hard-disk.html

    BalasHapus