Kamis, 22 Januari 2015

Pengertian dan Jenis Wirelless Network




Pengertian dan Jenis Wirelless Network Pengertian Wirelless Network . atau Jaringan Tanpa Kabel
Wireless Network atau juga dalam artian Jaringan Nirkabel/Tanpakabel ialah suatu jenis jaringan yang memungkinkan perangkat perangkat komputer, laptop, hp dsb bisa saling berkomunikasi tanpa menggunakan kabel . Wireless network ini di implementasi dengan menggunakan  sistem komunikasi radio.

Pengertian dan Jenis Wirelless Network

Tipe-Tipe Wireless.
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, wireless network ini memiliki berbagai macam jenis, dan diantaranya terbagi menjadi 5 type wireless. dan berikut ialah 5 type dari wireless network.
1. Wireless PAN atau juga dalam artian Wireless Personal Area Network (WPAN) ini ialah jaringan wireless yang mempunyai jangkauan area yang cukup kecil, contohnya Infrared, ZigBee dan Bluetooth.
2. Wireless LAN atau juga dalam artian Wireless Local Area Network (WLAN) atau yang lebih kita kenal ialah WiFi ini merupakan jaringan wireless network yang mempunyai jangkauan lebih luas dari WPAN . dan WLAN inipun saat ini mengalami banyak peningkatan, adapun dari segi kecepatan, maupun luas cakupnya. Awalnya sih lah dibuat untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun seiring berjalannya waktu fungsi itupun telah berkembang dan sekarang banyak digunakan untuk mengakses internet.
3. Wireless WAN atau juga dalam artian Wireless Wide Area Network (WWAN) ini ialah sebuah jaringan wireless yang berfungsi untuk menghubungkan kantor pusat dengan cabang antar provinsi maupun kota.
4. Wireless MAN atau juga dalam artian Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) ini ialah salah satu jaringan wireless yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan WLAN.
5. Cellular Network atau juga bisa disebut Mobile Network ialah sebuah jaringan radio yang melayani media komunikasi perangkat handphone dll.

demikian sedikit ulasan tentang Wireless Network . semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar :

Posting Komentar